Demam Berdarah



Sekilas Tentang Demam Berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang sering terjadi di masyarakat. Penyakit yg disebarkan nyamuk ini dulu sempat menjadi momok yg menakutkan bagi sebagian orang, dan sampai saat ini masih terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) Demam Berdarah di beberapa daerah di musim tertentu.

Pasalnya seringkali penyakit ini dapat menimbulkan kematian bila tidak diberikan pertolongan segera. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Demam Berdarah, atau lazimnya orang menyebut DBD (Demam Berdarah Dengue).


Pengertian

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yg disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypty dan Aedes albopictus.


Nyamuk Aedes aegypty
sumber: naturalunseenhazards.wordpress.com 


Nyamuk Aedes albopictus
sumber: amazingdata.com 

Sebenarnya virus dengue di dalam tubuh dapat menimbulkan 2 tipe demam, yaitu Demam Dengue (demam tidak disertai perdarahan) dan Demam Berdarah Dengue/DBD (demam yang disertai perdarahan). Yang lebih sering menimbulkan kematian adalah DBD.



Tanda dan Gejala*

Biasanya penderita mengalami gejala utama berupa demam tiba-tiba yang langsung tinggi selama 2-7 hari. Suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius. Penderita juga akan mengalami beberapa gejala dan tanda awal seperti berikut:
  • nyeri kepala, atau nyeri di belakang mata
  • mual-mual
  • nyeri di ulu hati
  • lemas
  • tidak nafsu makan
Jika proses penyakit sudah masuk tahap lanjut maka akan terjadi perdarahan. Selanjutnya akan timbul satu atau beberapa tanda dan gejala lanjut seperti berikut:
  • bintik-bintik merah di daerah lengan atas, lipatan lengan, atau di daerah paha
  • mimisan
  • gusi berdarah
  • buang air besar kehitaman
  • bercak-bercak ungu di kulit
  • buang air kecil berkurang, atau terlihat lebih pekat
  • ujung jari dan kaki teraba dingin
  • sangat lemas, kesadaran berkurang
  • jika diraba maka nadinya akan terasa cepat dan lemah


Kenapa Bisa Terjadi Demikian ?

Virus dengue yg ikut masuk air liur nyamuk ke dalam tubuh penderita akan berkembang biak dan menimbulkan gejala demam. Sebenarnya demam adalah respon tubuh untuk melawan hampir semua penyakit infeksi apapun jenisnya. Gambaran khas infeksi akibat virus adalah demam yg tiba-tiba dan langsung tinggi. Aktivitas virus pada tahap awal ini akan menimbulkan tanda dan gejala awal.

Aktivitas virus dengue selanjutnya akan menimbulkan gangguan pada sel-sel penyusun darah manusia terutama trombosit. Trombosit fungsinya untuk mencegah perdarahan. Trombosit yang rusak maka akan menyebabkan perdarahan di tubuh. Akibatnya akan timbul bintik-bintik merah, mimisan, gusi berdarah, BAB kehitaman, dan lain-lain.

Aktivitas virus dengue juga mengenai pembuluh darah. Pembuluh darah dalam keadaan normal diisi oleh sel-sel darah dan cairan tubuh/plasma dalam jumlah tertentu. Virus dengue akan membuat dinding pembuluh darah jauh menipis dan mudah tembus air. Akibat cairan tubuh/plasma akan lebih mudah merembes keluar dari pembuluh darah. Keluarnya cairan tubuh akan berakibat nadi semakin cepat dan lemah, tubuh semakin lemas, ujung jari dan kaki terasa dingin, serta buang air kecil semakin sedikit atau jadi lebih pekat.

Oleh karena itu jika penderita DBD dicek darahnya (disebut cek Darah Perifer Lengkap/DPL) akan menunjukkan nilai trombosit yang rendah, yaitu kurang dari 150.000, sedangkan nilai hematokrit semakin tinggi. Semakin tinggi hematokrit menunjukkan semakin banyak cairan tubuh/plasma yang merembes keluar.


Penanganan


Jika mengalami tanda dan gejala awal demam berdarah berupa demam tinggi mendadak maka segera istirahat penuh, minum yang banyak, dan minum obat penurun panas. Makan makanan yang biasa dimakan, tak ada pantangan makan atau minum.

Jika demam jadi naik kembali setelah beberapa kali minum obat penurun panas, muncul tanda dan gejala lain, atau tidak kunjung sembuh dalam 3 hari maka periksakan diri ke dokter.

Jika didapati tanda dan gejala lanjut atau nampak ada bintik merah atau perdarahan maka segera ke dokter tanpa pikir panjang atau menunggu pertimbangan lain. Kematian pada demam berdarah seringkali terjadi akibat terlalu lamanya penanganan di rumah atau menganggap sepele keluhan demam yang diderita.

Harus lebih waspada pada hari ke 4, 5, atau 6 sejak demam pertama. Karena biasanya demam turun dan pasien merasa baikan, padahal sesungguhnya kondisi pasien saat itu sedang buruk-buruknya.



Yang Dilakukan Dokter di RS

Segera datangkan penderita ke instalasi gawat darurat (IGD) untuk mendapatkan penanganan awal. Pasien segera dipasangkan infus untuk mengganti cairan tubuh/plasma yang hilang.

Dokter atau tenaga kesehatan lain akan memeriksa lebih lanjut dengan menanyakan karakteristik demam, keluhan apa saja yang dialami sejak hari pertama demam, tanda perdarahan, dan lain-lain. Dokter juga akan memeriksa tubuh pasien. Setelah itu dokter akan menyimpulkan hasil pemeriksaannya dan mengatakan penyakit apa yang diderita pasien. Jika betul dicurigai demam berdarah maka pasien akan dirawat di RS. Lamanya perawatan berkisar 2 sampai 5 hari sampai pasien pulih kembali.

Penanganan utama demam berdarah yang akan diberikan selama perawatan di antaranya:
  • infus cairan, biasanya Ringer Laktat atau NaCl sebanyak 3 botol atau lebih perhari tergantung berapa banyak kehilangan cairan
  • penurun panas, biasanya Paracetamol dosis 250-500 mg sebanyak 3 kali perhari atau jika demam
  • pemeriksaan darah, untuk memeriksa hemoglobin, hematokrit, leukosit, dan trombosit untuk menilai kondisi pasien. Biasanya dilakukan per 24 jam. 
Penanganan lanjutan akan bervariasi tergantung keluhan, kondisi pasien saat itu, dan fasilitas rumah sakit.


Penyembuhan


Seringkali pasien dan keluarga terburu-buru meminta dipulangkan saat merasa "kondisi saya sudah membaik Dok". Hal ini perlu diwaspadai terutama jika perasaan "kondisi baik" itu terjadi hari ke 4, 5, atau ke 6 sejak demam pertama. Kemungkinan besar itu adalah saat terburuk di mana demam berdarah memasuki tahap lanjut. Kalau pasien dipulangkan saat ini maka akan sulit ditolong jika ternyata terjadi syok (hipoperfusi, gangguan jantung, dst)

Gambaran proses demam berdarah lebih mudah digambarkan dalam siklus pelana kuda seperti di bawah ini:


Grafik Suhu Tubuh Pasien Demam Berdarah Dengue
sumber: rafifsafaalzena.blogspot.com

Pasien akan aman dipulangkan jika:
  • sudah 7 hari sejak demam pertama
  • suhu tubuh sudah kembali normal (36,5 - 37,5 derajat Celcius)
  • keluhan lain berkurang jauh atau menghilang sama sekali, kecuali bintik perdarahan (menghilang dalam waktu seminggu atau lebih)
  • nafsu makan baik
  • nilai trombosit di atas 100 ribu atau sudah ada kecenderungan meningkat
  • dan tentunya urusan adminsitrasi rumah sakit sudah selesai...hehehe


----------------------------------------------------------------------------------------------------
*keterangan:
gejala = berupa keluhan
tanda = sesuatu pada tubuh yang bisa dilihat atau diperiksa

No comments: