Kandungan Kolesterol dalam Makanan



Pasca Lebaran biasanya orang mulai khawatir akan kondisi kesehatannya. Biasanya penderita penyakit kronik seperti diabetes, penyakit jantung, dan dislipidemia mulai ngeh untuk melakukan tes kesehatan lagi, khususnya tes laboratorium.

Beredar di kalangan masyarakat bahwa makanan saat Lebaran neningkatkan kolesterol sehingga menimbulkan kekhawatiran tersendiri buat penderitanya. Hidangan yang nikmat akhirnya dihindari benar-benar walau sedikit saja. Akhirnya kebahagiaan Lebaran terasa kurang sempurna.

Kondisi gula darah memang dapat berubah secara akut (dalam hitungan jam atau hari) sehingga wajar menahan diri untuk makan hidangan manis menjadi wajar dilakukan.

Namun jika kadar kolesterol tidak akan berubah secara akut hanya karena makanan sehari saja. Aterosklerosis (penumpukan lemak dalam pembuluh darah) tidak akan terjadi secara mendadak. Meningkatnya kolesterol dan terbentuknya aterosklerosis disebabkan pola diet bulan-bulan sebelumnya.

Namun bukan berarti makanan tanpa pantangan, kita tetap sebaiknya memilih makanan yang relatif aman untuk kesehatan. Berikut daftar makanan sehari-hari beserta kandungan kolesterolnya.


Jadi, masih menghindari lezatnya rendang dan opor ayam saat Lebaran?



Salaam

No comments: