Diet Rendah Garam




Apa itu diet rendah garam?

Yang dimaksud dengan garam disini adalah garam dapur (NaCl), soda kue (NaHCO3), baking powder, natrium benzoat, dan vetsin (mono sodium glutamat). Anjuran WHO pembatasan garam dapur hingga 6 gram sehari (2400 mg natrium). Asupan natrium yang berlebihan, terutama dalam bentuk garam dapur (NaCl) dapat menyebabkan hipertensi, asites (penumpukan cairan di rongga tubuh), dan edema/bengkak. Penyakit-penyakit seperti sirosis hati, hipertensi, gagal jantung, dan penyakit ginjal dapat menyebabkan gejala demikian. Oleh karena itu penting kita ketahui bahwa asupan garam perlu dibatasi.

Tujuan Diet

Tujuan diet rendah garam adalah untuk menghilangkan retensi (penahanan) garam atau air dalam jaringan tubuh, dan menurunkan tekanan darah pada hipertensi.

Macam-macam Diet Rendah Garam

Diet Rendah Garam I (200-400 mg Na)

Diet tipe ini diberikan pada pasien dengan edema, asites, dan atau hipertensi berat. Pada pengolahan makanannya tidak ditambahkan lagi garam dapur. Hindari bahan makanan yang tinggi kadar natriumnya.

Diet Rendah Garam II (600-800 mg Na)

Diet tipe ini diberikan pada pasien dengan edema, asites, dan atau hipetensi tidak terlalu berat. Pada pengolahan makanannya boleh menggunakan ½ sendok the garam dapur (2 gram). Hindari bahan makanan yang tinggi kadar natriumnya.

Diet Rendah Garam III (1000-1200 mg Na)

Diet rendah garam tipe 3 diberikan pada pasien dengan edema dan atau hipertensi ringan. Pada pengolahan makanannya boleh menggunakan 1 sendok the garam dapur (4 gram).

Contoh Bahan Makanan yang Tidak Dianjurkan


Bahan Makanan
Tidak Dianjurkan
Karbohidrat
Roti, biskuit, kue-kue yang dimasak dengan garam dapur atau baking powder, atau soda
Sumber protein hewani,
telur maksimal 1 butir sehari
Otak, ginjal, lidah, sardin, daging apapun yang diawetkan dengan garam dapur (misal ikan asin, daging asap, bacon, ham, ikan kaleng, kornet, udang kering, telur asin, dan telur pindang)
Sumber protein nabati
Keju, semua kacang tanah yang akan diolah dengan garam dapur/vetsin
Sayuran
Sayuran dalam kaleng, sawi asin, asinan, dan acar
Buah
Buah dalam kaleng, asinan buah
Lemak
Margarin dan mentega
Minuman
Minuman ringan
Bumbu
Baking powder, soda kue, vetsin/mecin/MSG, kecap, terasi, maggi, saus tomat, petis, dan tauco




sumber: Almatsier S. Penuntun Diet Edisi Baru. Instalasi Gizi Perjan RSUPN CM dan Asosiasi Dietisien Indonesia. 2010.


Bacaan terkait: Diet Rendah Purin

No comments: